Selasa, 21 April 2015

Info Wisata : Ayo Kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul Tempat Wisata Di Jogja

Pantai Kukup salah satu pantai cantik yang berada di kota Jogja. Seperti yang telah kalian ketahui, sebetulnya memang kota Gudeg ini memiliki berjuta potensi wisata Yogyakarta mulai dari wisata budaya, wisata masakan sampai wisata alam yang mengagumkan. Maka tak heran jikalau Kota Jogja begitu populer bahkan sampai mancanegara. 

Apakah kau tau luas kota Jogja? Daerah Istimewa Jogjakarta memiliki luas wilayah sekitar 3.185,80 Km/segi, terdiri dari sekitar satu kotamadya dan empat kabupaten, terbagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Untuk kabupaten Gunung Kidul merupakan wilayah perbukitan kerikil gamping (limestone) yang kritis, tandus dan selalu kekurangan air. Namun siapa sangka, Allah Maha Adil sehingga menganugerahkan alam Gunung Kidul yang kaya akan potensi bahari.

Beragam tempat wisata di Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga besar demam isu para wisatawan asal domestik sampai mancanegara tak pernah surut. Sebagai salah satu lokasi yang memiliki banyak pantai-pantai cantik yakni Gunung Kidul, menjadi lokasi terfavorit untuk menikmati wisata pantai di Jogja. Memiliki garis pantai yang panjang dan juga dikelilingi oleh tebing-tebing kapur, serta perairannya yang jernih merupakan ciri khas dari pantai di Gunung Kidul. Seperti yang telah kau ketahui memang di Gunung Kidul terdapat banyak lokasi wisata pantai menyerupai Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Greweng dan masih banyak lagi pantai-pantai cantik lainnya. 

Wisata Pantai Kukup terbilang belumlah bersifat komersil sehingga biaya untuk keperluan selama berlibur pun terbilang cukup terjangkau. Mengingat semua potensinya sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih bilama mana waktu libur tiba. Penasaran akan suasana Pantai Kukup? kau dapat menyimaknya pada konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya akan mengulas wacana ayo kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul tempat wisata di Jogja. Semoga informasinya dapat dijadikan sumber rujukan yang dapat menambah wawasan kau ataupun para pembaca budimana sekalian.

Umbul Ponggok.

Lokasi Pantai Kukup terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul atau tepatnya searah dengan Pantai Baron dengan jarak sekitar 1 Km dari pantai tersebut. Bila kau dari arah sentra kota Jogja kau dapat menggunakan rute jalan Jogja-Wonosari-Pantai Kukup dengan total jarak sekitar 62 Km. Dari Jogja menuju Wonosari, kau dapat melalui jalur lingkar luar selatan (ring road selatan) arah timur menuju Jl. Raya Wonosari. Dari kota Wonosari, kau dapat mengunjungi pantai ini dengan menggunakan dua jalan alternatif, yakni 
  • Pertama, setelah kau melewati alun-alun Wonosari belok kanan lewati Desa Kemandang ke arah Pantai Kukup. Jalur yang dilewati berkelok-kelok dan memiliki pemandangan yang cantik yakni wilayah perbukitan kerikil gamping. Sebelum tiba di Pantai Kukup, akan ada sebuah pos retribusi dan nantinya kau akan dikenakan biaya tersebut. Setelah itu terdapat pertigaan yakni ke arah kiri menuju Pantai Kukup dan kanan ke arah Pantai Baron.
  • Kemudian jalur alternatif kedua yakni dengan melalui Pantai Krakal. Bilamana kau ingin menggunakan jalur ini, dari alun-alun Wonosari kau belok kanan dan ikuti petunjuk sama menyerupai penjelasan diatas. Namun ketika kau bertemu dengan Desa Mulo belok kiri menuju Girisubo. Ikuti terus jalan tersebut sampai melewati pertigaan Desa Sidoharjo dan Desa Tepus. Tak begitu jauh maka kau akan menemukan Pantai Krakal, kemudian ikuti marka petunjuk jalan kearah Barat sepanjang 6.5 Km, maka kau akan tiba di Pantai Kukup. Sama menyerupai jalur diatas, terdapat pos retribusi sekitar 3 Km sebelum kau memasuki daerah Pantai Krakal.
Bila kau menggunakan kendaraan umum untuk menuju Pantai Kukup, kau dapat menggunakan bis dengan jurusan trayek Jogja-Wonosari, kemudian setibanya di sentra kota Wonosari perjalanan kau akan dilanjutkan dengan minibus untuk menuju Pantai Kukup dengan total perjalanan sekitar 60 menit. Sebelum lanjut, kau juga dapat mengunjungi Gereja Ayam, alasannya yaitu lokasinya hanya 42 Km dari Jogja.

Pantai Balekambang, Malang? ya, hampir serupa memang. Mungkin pembangunannya bisa jadi terinpirasi oleh kedua tempat tersebut. Namun yang menjadi pembedanya ialah bila di Tanah Lot atau Pantai Balekambang terdapatnya sebuah Pura untuk beribadah, namun di Pantai Kukup hanya berupa sebuah bangunan sederhana yang digunakan untuk menikmati pemandangan saja. Akan tetapi melihat keadaan Gardu tersebut ketika ini agak memperhatinkan, pasalnya terdapat banyak goresan pena akhir tindakan vandalisme dari orang-orang kampungan.

Selain itu terdapat pula sebuah gedung akuarium biota laut, dimana kau dapat melihat beberapa jenis biota laut menyerupai ikan-ikan kecil, bintang laut sampai kuda laut. Tertarik ingin membelinya? tak perlu khawatir sudah terdapat jajaran pedangan ikan hias yang menyampaikan dagangannya yang dapat kau beli sebagai peliharaan dirumah. Untuk air lautnya, kau sudah dapat membelinya dikota-kota besar menyerupai Jakarta, Surabaya atau Bandung dengan harga sekitar Rp. 20.000/liter. Ingin bermalam di Pantai Kukup? kau bisa mengunakan beberapa homestay,cottages atau penginapan di Pantai Kukup yang menyampaikan banyak sekali jenis type kamar, mulai dari kisaran Rp. 100.000-Rp. 350.000/malam tergantung dengan fasilitasnya. Kamu ingin juga mencoba masakan yang berbeda? cobalah sajian kepiting goreng dengan rasa daging kepiting gurih yang bisa menggoyang pengecap kamu.

Tempat Wisata di Lumajang

Demikianlah ulasan saya kali ini wacana ayo kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul tempat wisata di Jogja. Semoga informasinya dapat diterima dan bermanfaat bagi kau ataupun para pembaca budiman dimanapun anda berada.