Sabtu, 25 April 2015

Info Wisata : Kisah Menuju Air Terjun Coban Tumpak Sewu Tempat Wisata Di Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu atau yang dikenal pula dengan "Coban Sewu" merupakan sebuah daerah wisata alam di Lumajang yang dikenal gres namun sudah mulai menyedot perhatian khalayak umum. Bagaimana tidak dengan memiliki panorama alam berupa jeram dengan skala besar bisa membuat siapapun kagum akan kebesaran Sang Khalik.

Sebenarnya di Indonesia, masih banyak wisata jeram yang memiliki ukuran besar dan juga tinggi, khususnya di pulau Jawa yang notabenenya memiliki topologi daratan yang beragam dengan terdapat banyak wilayah pegunungan. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk tersedianya jeram dengan beragam bentuk dan ukuran, namun hanya saja mungkin banyak jeram cantik tersebut belum memilii kesempatan untuk dapat terekspose secara luas, akan tetapi tak menutup kemungkinan bilamana suatu ketika nanti akan ada bermunculan daerah wisata jeram baru. 

Jika berbicara perihal jeram berukuran tinggi di Pulau Jawa, hingga ketika ini tercatat hanya Air Terjun Madakaripura di Probolinggo lah yang memiliki tinggi hingga sekitar 200 meter. Namun jangan salah, terletak tak jauh yakni di kota Lumajang ternyata terdapat pula sebuah jeram dengan ketinggian yang hampir setara yakni Air Terjun Tumpak Sewu dengan tinggi sekitar 120 meter. Akan tetapi yang menjadi pembedanya yaitu jumlah kucuran air terjunnya. Penasaran akan jeram cantik nan megah ini? ada baiknya kau simak terlebih dahulu konten artikel aku kali ini.

Pada siang hari ini, aku akan mengulas secara detail dalam kisah menuju Air Terjun Coban Tumpak Sewu daerah wisata di Lumajang. Semoga informasi yang nantinya disampaikan dapat memiliki kegunaan bagi kau ataupun para pembaca budiman sekalian.

tempat wisata di Lumajang, mungkin bagi kota Lumajang masih dianggap terlalu dini. Pasalnya meskipun memiliki bentang alam cantik yang bisa disulap untuk menjadi objek wisata bertaraf internasional, akan tetapi demi mewujudkan mimpi tersebut masih diperlukan banyak usaha keras dari Pemprov, Dinas Pariwisata hingga masyarakat setempat. Dari ketiga element tersebut dituntut untuk bekerja sama dan bersinergi guna tujuan yang sama yakni memajukan Pariwisata Lumajang. 

Sebagai contohnya wisata Air Terjun Tumpak Sewu, sekipun gres berumur sekitar 2 tahun. Namun nyatanya bisa menarik besar minat para wisatawan. Akan tetapi menurut seorang pengelola yakni "Mas Yanto-085331238963" yang menuturkan semenjak dibuka pada 2015 hingga sekarang, mereka tak pernah menerima dukungan sepeserpun dari Pemprov atau Dinas Pariwisata setempat. Cukup ironis bukan?

Penasaran akan dongeng keindahannya, aku mencoba memberanikan diri untuk datang sendiri mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu pada tgl 08/01/2017. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu letaknya bersebelah dengan Air Terjun Goa Tetes, atau secara administratif terletak di fatwa Sungai Glidih, yang menjadi batas antara Kecamatan Ampel Gading Malang dengan Pronojiwo Lumajang. Bagi kau yang ingin mengunjungi jeram cantik ini, kau dapat melalui beberapa opsi rute, dari domisili kau ketika ini maka kau harus tiba di Lumajang terlebih dahulu. Sebagai contoh, bilamana kau berada di kota Jember dan sekitarnya, kau dapat mengarahkan kendaraan kau menggunakan rute Jember-Kencong-Jombang-Tempeh-Dampit/Turen-Pronojiwo. Dimana kau dapat mengikuti plang petunjuk jalan dan ikuti saja jalan tersebut. Bila kau menggunakan rute jalan ini, maka kau akan menemuka beberapa lokasi jeram lainnya terlebih dahulu ibarat Coban Sumber Telu, Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Kabut Pelangi. Dari lokasi Air Terjun Kabut Pelangi perjalanan kau hanya tinggal menuju Goa Tetes dengan jarak 1 Km dan Air Terjun Tumpak Sewu 2 Km saja. Lanjutkan saja mengikuti jalan hingga kau menemukan spanduk masuk Goa Tetes disisi kiri jalan. Jika sudah menemukannya, berarti lokasi pintu masuk Air Terjun sudah dekat, kau hanya cukup mencari spanduk masuknya saja yang bertuliskan "Serpihan Surga itu Memang Ada Air Terjun Tumpak Sewu". Kamu cukup masuk mengikuti arah dari spanduk itu saja. Sebelu lanjut, kau dapat membaca pula perihal 3 Air Terjun Terbaik di Sentul Bogor.

Pulau Mandeh Padang dan Pantai 3 Warna Malang

Demikian ulasan aku kali ini perihal kisah menuju Air Terjun Coban Tumpak Sewu daerah wisata di Lumajang. Semoga dari semua informasi yang telah disampaikan dapat diterima dan dijadikan sumber tumpuan pelengkap bagi kau ataupun para pembaca budimanan perihal banyak sekali