Senin, 22 Juni 2015

Info Wisata : Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Malang

Air Terjun Madakaripura, merupakan sebuah penderasan yang keindahannya tak perlu diragukan lagi. Terletak di lereng di bawah kaki Gunung Bromo Tengger, seakan membuat daerah ini kian terpencil sehingga suasananya tetap asri dan sangat rindang.

Sebagai wisata penderasan di Malang, membuat penderasan madakaripura selalu ramai kala waktu weekend tiba. Tercatat banyak wisatawan domestik maupun mancanegara selalu mengunjungi daerah ini, ibarat halnya wisatawan asal Jepang, Chinna, Jerman, Malaysia, Arab dan lain-lainnya. Selain memiliki pemandangan alam yang masih sangat asri, penderasan ini konon juga digunakan sebagai wisata sejarah. Pasalnya ditempat inilah lokasi terakhir Maha Patih Gajah Mada, ialah seorang patih yang sangat kuat pada zaman kerajaan Majapahit yang menghilang ketika bertapa atau bersemedi. Jika di lihat secara seksama, memang pada bab ujung atas penderasan setinggi 200 meter ini, terdapat sebuah gua yang semasanya sering digunakan Sang Maha Patih, untuk bertapa. Kemudian menurut Bagas (seorang anak warga sekitar yang tinggal didekat parkiran mobil), dibagian atas pada penderasan madakaripura ini jugalah, sang Patih Gajah Mada mengucap sumpah untuk menyatukan nusantara, yang dikenal sebagai Sumpah Palapa. Ia bersumpah tak akan memakan buah palapa, sebelum berhasil menyatukan nusantara. Oleh alasannya itulah, banyak masyarakat Indonesia yang menganggap Patih Gajah Mada layaknya sebagai pendekar dan juga sebagai simbol nasionalisme.

Keindahan madakaripura memang sangat indah, pasalnya selain memiliki satu penderasan utama, juga memiliki empat penderasan pendamping. Biasanya untuk penderasan utama memiliki air yang tak terlalu jernih, dikarenakan berasal dari ajaran sungai diatasnya dan penderasan utama ini merupakan penderasan terderas tumpahannya bila dibandingkan dengan lainnya. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi penderasan madakaripura? sabar, ada baiknya kau baca terlebih dahulu ulasannya dalam konten artikel aku kali ini. 

Pada siang hari ini, aku akan mencoba memaparkan secara detail perihal wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Malang. Semoga kiranya isu yang nanti disampaikan dapat berkhasiat bagi kau atau para pembaca budiman lainnya, yang ingin mengunjungi daerah eksotis ini.

tempat wisata di Malang.

Air Terjun Tumpak Sewu.

Gili Nanggu

Demikian ulasan aku kali ini perihal wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo Malang. Semoga informasinya dapat membantu dan dijadikan sumber referensi, perihal banyak sekali info daerah pariwisata di Indonesia.