Rabu, 08 Juli 2015

Info Wisata : Wisata Gereja Ayam Bukit Rhema | Tempat Wisata Magelang Terbaik

Gereja Ayam atau gereja merpati merupakan sebuah gereja dengan bentuk arsitektur yang cukup unik, mengapa demikian? pasalnya gereja ini secara nampak luar memiliki bentuk mirip seekor ayam lengkap dengan leher dan juga kepalanya. Cukup unik bukan? Akan tetapi, taukah kau pada awalnya gereja didesain dengan bentuk ingin mirip seekor burung merpati. Namun setelah seiiring berjalannya sang waktu, masyarakat sekitar malah menyebutnya dengan nama 'Gereja Ayam' hingga ketika ini.

Nama gereja ayam sendiri mulai ramai diperbincangkan oleh khalayak umum sejak kemunculannya sebagai salah satu latar belakang daerah bertemunya pemeran utama dalam film 'Ada Apa Dengan Cinta 2', yang sukses menjadi jawara pada box office Indonesia dengan jumlah penonton hingga 3.6 juta penonton. Dengan kesuksesan film tersebut, sontak saja membuat nama gereja ayam ikut melambung tinggi, terbukti dengan ramainya gereja ini dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat pribadi suasana gereja ini. Ditambah lagi banyak dari para wisatawan tersebut yang mengupload foto-foto gereja ayam kian membuat gereja ayam menjadi sorotan. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat gereja ini masuk dalam jajaran tempat wisata di Magelang yang wajib untuk dikunjungi. Sebetulnya terdapat juga bangunan serupa yakni sama-sama berbentuk mirip ayam yang terdapat di Uruguay, Amerika Serikat.

Sebagai pemanis wawasan bagi kau ataupun para pembaca budiman lainnya, asal permintaan gereja ayam berawal pada tahun 1994 dimana seseorang pengusaha berjulukan Daniel Alamsjah mengaku menerima mimpi yang mengharuskannya ia untuk membangun sebuah rumah doa berbentuk burung merpati, yang nantinya akan dipergunakan sebagai daerah beribadah disebuah bukit. Burung merpati pada agama katolik dianggap sebagai simbolis dari roh kudus yang turun pada ketika Yesus sedang di babtis. Daniel mempunyai seorang istri warga Desa Gombong, Bukit Rhema. Singkat cerita, berlokasi di Bukit Rhema, Magelang ia bermaksud untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan membebaskan lahan sekitar 3000 meter persegi. Akan tetapi ditengah proses pembangunannya, gereja ayam sempat terhenti dikarenakan pada 1998, bertepatan dengan krisis moneter yang melanda Indonesia kala itu, ikut berdampak pada bisnis yang dimiliki oleh Daniel. Alhasil dikarenakan permasalahan modal tersebut, maka pembangunan proyek impiannya itu diharuskan terhenti pada tahun 2000. Akan tetapi meski dengan kondisi sekitar 70% yang sudah rampung, geraja ayam tetap digunakan sebagai sentra peribadatan untuk agama Katolik. Konon kabarnya, selain digunakan sebagai daerah beribadah bagi umat Katolik, daerah ini juga digunakan untuk aktivitas agama lainnya mirip Budha dan juga Islam. Disamping digunakan sebagai sentra peribatan untuk aktivitas beragam, tenyata gereja ayam juga pernah dijadikan sebagai daerah rehabilitasi bagi penyalaguna narkoba, dewasa nakal,  ataupun para penyandang disabilitas/gangguan mental. Gereja ayam bergotong-royong pernah mengalami kenyataan pahit yang dialaminya, alasannya pernah ditentang keberadaannya oleh para warga sekitar yang cemas dan khawatir dikarenakan takut bangunan ini disalah gunakan sebagai daerah untuk maksiat. Sehingga membuat Daniel memutuskan untuk meninggalkan gereja ayam tersebut dan keadaannya pun terbengkalai hingga ketika ini.

Itulah sedikit gambaran yang dapat saya sampaikan ihwal asal permintaan eksistensi gereja ayam. Cukup menarik bukan? melihat dari sisi nilai sejarah dan juga sebagai daerah lokasi syuting sebuah film, yang terang membuat magnet bagi para wisatawan untuk dapat melihat pribadi gereja tersebut, tak terkecuali saya. Bagaimana tertarik untuk mengunjunginya juga? ada baiknya kau simak terlebih dahulu dalam konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya mencoba memaparkan secara detail perihal wisata Gereja Ayam Bukit Rhema atau daerah wisata Magelang terbaik. Semoga kiranya dapat berkhasiat dan membantu bagi kau atau para pembaca budiman lainnya, yang ingin mengunjungi gereja unik ini.
tempat wisata di Semarang.

Wisata Di Jogja dan Wisata Umbul Ponggok 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Geraja Ayam Bukit Rhema atau daerah wisata Magelang terbaik. Semoga kiranya isu yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber rujukan bagi kau ataupun para pembaca budiman lainnya, ihwal banyak sekali info daerah pariwisata di Indonesia.