Sabtu, 01 Agustus 2015

Info Wisata : Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island, sebuah pulau cantik yang tak perpenghuni. Mungkin kalau ada dari kau yang belum mengenal pulau ini, setuju coba aku jelaskan sedikit. Pulau Kenawa merupakan pulau mungil yang terletak diantara Pulau Lombok dan Sumbawa. 

Jika kau sudah agak sedikit bosan dengan suasana wisata di Lombok, tak ada salahnya kau coba untuk masukkan Pulau Kenawa dalam daftar list liburan kamu. Dahulu memang nama pulau ini tak begitu populer, namun sejak banyaknya para traveler yang mengupload di media umum Pulau Kenawa mulai menarik banyak perhatian. Keistimewaan pulau ini terletak diperairan biru nan jernih dan hamparan padang rumput savana yang hijau. Selain itu, terdapat pula sebuah bukit dibagian tengah pulau semakin membuat mata terpana. Sebelum lanjut, kau juga dapat membaca juga wisata pantai papuma, Jember dan pulau sikuai, Padang.

Pada kesempatan kali ini aku mencoba untuk mengulas perihal wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island. Semoga dapat menambah wawasan kamu, perihal banyak sekali berita daerah pariwisata di Indonesia.

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island Info Wisata : Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island
selamat datang pulau kenawa


Untuk menuju Pulau Kenawa, kau dapat memulai perjalanan start dari kota Mataram untuk menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Kemudian kau dapat menyebrang menggunakan kapal ferry untuk menuju Pelabuhan Poto Tano, dimana harga tiketnya sekitar Rp. 20.000/orang. Setelah kau hingga di Pelabuhan Poto Tano, kau dapat berbicara dengan nelayan setempat untuk dapat mengantarkan kau menuju Pulau Kenawa, biasanya mereka menyampaikan jasanya dengan biaya sekitar Rp. 250.000-Rp. 300.000/perahu dengan kapasitas 10 orang (untuk pergi-pulang). Untuk perjalanannya tak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 20-30 menit saja.

Seperti introduction diatas, Pulau Kenawa yaitu pulau tak berpenghuni. Sehingga kalau kau berniat untuk bermalam di pulau ini, kau diharuskan membawa perlengkapan camping. Tak ada akomodasi hotel/cottage, namun itulah nilai plusnya. Kamu dapat mencicipi nuasana hidup bebas di pulau. Satu-satunya akomodasi yang ada di Pulau Kenawa yaitu terdapat beberapa saung yang dapat kau gunakan untuk beristirahat.  

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island Info Wisata : Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island
camping di kenawa

Suasana pulau ini begitu sepi, terlebih kau datang bukan bertepatan dengan high season. Seakan ini yaitu pulau eksklusif kamu. Dimana kau bebas untuk menikmati semua keindahan yang telah disediakan pulau ini. Kamu dapat berjalan menyusuri padang savana, dengan rumput yang terhampar luas. Jika animo kemarau datang, biasanya rumut-rumput tersebut berubah warna menjadi kekuningan. Namun hal tersebut tetap saja membuat setiap bibir berdecak kagum.

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island Info Wisata : Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island
view savana dari puncak bukit
Keseruan lainnya yaitu kau juga dapat tracking menaiki bukit, dimana kau dapat melihat seluruh bab pulau. Senja yaitu waktu terbaik untuk mendaki bukit ini, sajian alam berua sunset akan memaparkan cahaya orange dilangit. Nampak samar-samar dari kejauhan gunung rinjani dan juga beberapa pulau-pulau kecil ikut mengintip menambah cantik pemandangan ini. Kamu juga dapat berjalan kebagian barat pulau, dimana kau dapat menjelajah hutan mangrove yang masih sangat sehat. Perihal keindahan bawah lautnya, tak perlu diragukan lagi. Sebuah ekosistem yang masih tertata dengan apik serta aneka biota laut, siap menunggu kau untuk dapat berenang bersama. 

Dikarenakan kau akan camping di Pulau Kenawa, tentu problem logistik dan obat-obatan menjadi prioritas utama. Jangan lupa juga untuk membawa lotion anti nyamuk. Soal sampah jangan lupa dibawa kembali ya. 

Berbagai cara untuk dapatkan keseruan dan keceriaan. Dari mulai habiskan liburan dengan cara menginap dihotel berbintang ataupun hanya sekedar camping, semua sah-sah saja. Semuanya mempunyai satu tujuan, sekedar lepaskan penat dan ingin membebaskan diri dari semua beban kehidupan sehari-hari. Ekspresikan diri, jangan batasi dengan paradigma yang salah dan nikmatilah serta pahami arti kehidupan. Niscaya kau akan lebih mengerti perihal kekuasaan Tuhan.

Demikianlah ulasan aku kali ini perihal wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island. Semoga dapat berkhasiat dan dijadikan sumber tumpuan sebelum kau mengunjungi pulau cantik ini.