Sabtu, 12 September 2015

Info Wisata : Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park sebuah tempat alam dengan luas kurang lebih 25.000 hektar, yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran merupakan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa yang terdiri dari vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa serta hutan yang hijau sepanjang tahun. Dengan memiliki presentasi sampai sekitar luas 40% ialah padang savana. 

Memiliki padang savana yang luas tersebut, Taman Nasional Baluran menjadi padang savana terluas dan terbesar di Pulau Jawa bahkan banyak orang yang berpendapat bahwa tempat ini ialah Afrikanya Pulau Jawa. Baluran merupakan objek wisata yang unik, kenapa aku katakan unik? alasannya ditempat ini anda dapat melihat eksklusif para satwa-satwa liar yang hidup di alam bebas, tidak ibarat di kebun binatang ataupun taman safari.

Dalam kesempatan kali ini aku mencoba mengulas lebih dalam perihal potensi apa saja yang dapat anda temukan di taman nasional ini. Bertujuan semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang berkhasiat sehingga akan meningkatkan rasa kecintaan dan pujian terhadap tanah air kita. Dalam artikel ini aku akan mengulas wacana wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

tempat wisata di Lampung atau liburan terbaik di Lampung

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park Info Wisata : Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park
cantiknya burung merak

Agar anda lebih mampu menikmati perjalanan di Taman Nasional Baluran, sebelum anda memasuki tempat baiknya anda mengunjungi sentra isu untuk menerima penjelasan singkat wacana tempat ini. Setelah mendengar penjelasan dari petugas biasanya kita lebih mampu menghargai, tidak mengganggu, merusak, mengambil atau berburu fauna dan flora serta ekosistemnya. 

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park Info Wisata : Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park
kawanan rusa di Baluran

Untuk menuju Taman Nasional Baluran anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum dengan waktu tempuh dari kota Banyuwangi sekitar 1 jam perjalanan. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang, anda sudah menerima peta tempat sebagai bekal untuk explore tempat ini. Disarankan jikalau anda ingin menemukan banyak satwa dibutuhkan semoga anda dapat datang dipagi hari. 

Cara untuk mencapai lokasi ini anda dapat mengambil dua pilihan rute, yaitu

via Banyuwangi-Batangan dengan jarak sekitar 35 Km dan kemudian dilanjutkan ke Bekol dengan jarak tempuh 12 Km yang memakan waktu sekitar 45 menit.

via Situbondo-Batangan dengan jarak kurang lebih sekitar 60 Km.


Selain anda dapat menikmati suasana alam yang masih sangat alami dan juga dapat mengamati segala flora serta fauna kemudian juga melihat padang savana terbentang luas lalu pemandangan Gunung Baluran yang sudah tidak aktif namun masih tetap kokoh berdiri. Ternyata anda juga dapat mengunjungi spot-spot wisata yang sering didatangi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut ialah beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jikalau anda berada di kawasana Taman Nasional Baluran antara lain seperti

1. Batangan
terdapat situs peninggalan sejarah berupa goa jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi buruk merak pada animo kawin antara Oktober/November dan berkemah. Di tempat ini terdapat akomodasi sentra isu dan juga camping ground.

2. Bekol dan Semiang
terdapat tempat pengamatan satwa ibarat ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar dan burung. Fasilitas pendukung pun tersedia disini ibarat wisma peneliti, wisama tamu dan menara pandang.

3. Bama, Balana dan Bilik
merupakan tempat sentra untuk aneka aktivitas kelautan ibarat spot memancing, snorkeling dan menyelam dan atraksi perkelahian rusa jantan di bulan Juli/Agustus serta kawanan simpanse abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada ketika air laut surut.

4. Manting, Air Kacip
merupakan habitat macan tutul dimana anda dapat melihatnya namun semoga lebih aman harap didampingi oleh petugas serta terdapat pula mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

5. Popongan, Sejile, Sirontoh dan Kalitopo
terdapat akomodasi perahu sampan yang dapat anda gunakan untuk melihat terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna warni serta air lautnya pun jernih. Kemudian anda juga dapat mengamati burung migran.

6. Curug Tangis
dilokasi ini terdapat akomodasi panjat tebing atau claimbing dengan ketinggian 10-30 meter dan sudut kemiringan sekitar 85%.

Taman Nasional Baluran memang memperlihatkan banyak kekayaan alamnya, sangat cocok bagi anda para pecinta alam jikalau anda datang mengunjungi kota Banyuwangi mengunjungi tempat ini ialah destinasi wajib untuk anda. Dengan lebih mengetahui dan memahami potensi apa saja yang dimiliki setiap daerah, maka makin besar lengan berkuasa kecintaan kita terhadap tanah air. 

Demikian usalan kali ini perihal wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park mudah-mudahan dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan rujukan sebelum mengunjungi tempat ini.