Sabtu, 04 Juli 2015

Info Wisata : Pendakian Gunung Cikuray Via Jalur Kiara Janggot | Cikurai Garut

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang terdapat pada kota Garut, gotong royong mirip yang telah diketahui di Garut, selain Cikuray masih terdapat dua gunung lainnya mirip Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Di kalangan para pecinta alam, biasanya mereka sering menyebut rangkainan pegunungan ini dengan istilah "Paguci" yang artinya Papandayan-Guntur-Cikuray. Mungkin dikarenakan lokasinya yang memang saling berdekatan. Maka tak mengherankan, jikalau banyak dari para pendaki yang melaksanakan double summit dengan mendaki dua gunung dalam satu kurun waktu.

Salah faktor yang mengakibatkan gunung cikuray selalu ramai dengan para pendaki, adalah alasannya lokasinya yang tak begitu jauh dari sentra ibu kota Jakarta dan juga kota-kota sekitarnya, mirip Tasik dan Bandung. Selain lokasinya, tekstur jalur track cikuray juga mengakibatkan daya tarik tambahan. Pasalnya menurut banyak para pendaki, yang telah mendaki gunung cikuray ini memiliki kategori yang cukup extream. Terlebih bagi seorang pemula, mirip halnya saya. Sehingga banyak dari mereka yang menyebutnya dengan istilah track "Dengkul ketemu kepala", yang mempunyai arti jalur yang mempunyai sudut kemiringan hampir sekitar 90 derajat, Dikarenakan bentuk gunung cikuray memang ibarat kerucut besar. Gunung Cikuray memiliki puncak ketinggian sekitar 2.818 mdpl, dengan ketinggian itulah maka cikuray dinobatkan sebagai gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai dengan 3.078 mdpl, Gunung Pangrango dengan 3.019 mdpl dan Gunung Gede dengan 2.985 mdpl.

Gunung cikuray, mirip halnya gunung lainnya di Indonesia yang diselimuti oleh misteri dan tak jarang dikaitkan dengan mitos-mitos mistis/magis. Sama mirip gunung lainnya, gunung cikuray pun pernah menorehkan sedih yang mendalam, perihal catatan kelam hilangnya seorang pendaki berjulukan Reni asal Cipondoh, Tanggerang pada Desember 2009 silam. Tanpa maksud hati ingin membuka luka lama tersebut, namun hal faktual yang dapat dipetik adalah biar selalu mawas diri dan waspada dimana pun berada. Terlepas dari unsur mistis, seyogyanya memang sebagai makhluk beragama, tentu saja kita percaya dengan adanya dunia lain. Namun tak perlu di ambil pusing, tentulah jikalau bersikap sewajarnya dan sopan/tak arogan. Pastinya tak akan ada yang harus ditakutkan. Dengan segala keindahan panorama alam dan juga jalur pendakian yang menantang, membuat gunung cikuray termasuk gunung favorite bagi para pendaki, meskipun banyak dari mereka yang mengaku bukan kala pertama kali mendaki gunung ini.

Untuk menuju puncak cikuray terdapat beberapa opsi jalur atau rute pendakian yang dapat dipilih, diantaranya mirip jalur Cikajang, Bayombong, Cilawu/Pemancar. Kemudian khusus jalur Cikajang, menurut isu merupakan jalur yang paling landai untuk dilalui, namun merupakan terpanjang diantara jalur lainnya. Sedangkan untuk jalur Bayombong, merupakan jalur terpendek namun termasuk jalur yang paling sulit dan terjal. Kemudian untuk jalur Cilawu merupakan jalur terfavorite dengan melalui jalur Pemancar. Sebetulnya pada Cilawu terdapat pula beberapa titik lainnya yang dapat digunakan mirip bersahabat gerbang pintu masuk perkebunan Dayuehmanggung, Patrol dan Kiara Janggot yang merupakan jalur gres dibuka pada awal Januari 2016 untuk pendakian. Bila menggunakan Dayuehmanggung atau Patrol, kedua jalur ini nantinya akan bertemu pada persimpangan di lokasi Pemancar. Akan tetapi, bilamana menggunakan jalur Kiara Janggot, jalur ini tidak akan melewati lokasi Pemancar, namun nantinya akan bertemu di pos ke-6 atau pos ke-7 pada jalur track Pemancar. Dikarenakan ingin mencoba jalur tersebut, maka pada 22/01/2016 saya  menggunakan jalur Kiara Janggot untuk menuju puncak. Bagaimana dengan kamu, tertarik melakukan pendakian gunung cikuray? mari simak terlebih dahulu konten artikel saya kali ini. 

Pada malam hari ini, saya akan memaparkan secara detail perihal pendakian gunung cikuray via jalur kiara janggot atau cikurai garut. Semoga kiranya dapat bermanfaat bagi kau ataupun para pembaca budiman lainnya, yang ingin mencoba mendaki gunung ini.

Pendakian Gunung Slamet 
Demikianlah ulasan saya kali ini perihal pendakian gunung cikuray via jalur kiara janggot atau cikurai garut. Semoga kiranya dapat mengispirasi dan dijadikan sumber referensi, ihwal banyak sekali info daerah pariwisata di Indonesia.