Senin, 20 Juli 2015

Info Wisata : Wisata Umbul Ponggok | Wisata Di Klaten Terpopuler

Wisata Umbul Ponggok, merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang akhir-akhir ini kian populer di mata traveler lokal. Mungkin banyak dari kau yang sudah tak asing mendengar namanya? ya, tak mengherankan memang. Semenjak beberapa waktu lalu begitu banyak orang yang mengupload foto-foto unik di dalam bawah air pada jejaring sosial mirip instagram. Membuat semakin banyak pengguna akun instagram dibuat kian penasaran. Alhasil umbul ponggok sangat ramai diserbu para wisatawan.

Bagi kau yang belum mengetahui umbul ponggok, saya akan coba jelaskan sedikit. Umbul ponggok merupakan sebuah kolam mata air alami, terdapat anutan air dalam tanah yang selalu mengalir dari bab tengah kolam. Mengenal asal ajakan umbul ponggok, pada dahulu kala berawal dari para sesepuh memperkirakan bahwa umbul ponggok dapat menjadi sebuah telaga yang sangat besar dan bahkan bisa saja menggenangi pemukiman warga sekitar. Demi menjegah peristiwa tersebut digelarlah sebuah pertunjukan ledhek (sebuah pertunjukan tarian yang dilakukan oleh wanita), pertunjukan tersebut di iringi dengan musik gamelan. Namun anehnya sebelum dimulainya pertunjukan tersebut, gamelan yang akan digunakan secara tiba-tiba menghilang.

Kemudian tak lama berselang muncul lah seekor burung pungguk besar yang hinggap pada sebuah pohon. Burung itupun memberi tau dimana eksistensi salah satu gamelan yang berbentuk gong, yang menyumbat mata air. Hingga ketika ini watu gong itu masih dapat dilihat secara terang dan dirawat dengan baik oleh masyarakat sekitar. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka di namakanlah desa ini dengan Desa Ponggok. Mata airnya pun dapat digunakan untuk mandi dan bahkan dipercaya dapat membawa keberkahan. Kemudian pada masa penjajahan Belanda, konon orang-orang Belanda itu lah yang membangun kolam umbul ponggok. Pada ketika penjajahannya, mereka juga membangun sebuah pabrik gula sempurna disamping umbul. Terdapat juga sebuah Prasasti Bunga Tanjung yang hingga ketika ini menjadi hiasan pada sekolah SD Ponggok.

Itulah gambaran singkat wacana asal ajakan sejarah kolam umbul ponggok, sekiranya dapat sedikit menambah wawasan bagi kau atau para pembaca lainnya. Melihat kejernihan air di umbul ponggok, sudah tak diragukan lagi. Jika di Kalimantan terdapat Labuan Cermin dan di Ternate terdapat Pantai Sulamadaha, maka masyarakat di pulau Jawa khususnya kawasan Klaten bolehlah berbangga hati alasannya ialah juga mempunyai tempat wisata umbul ponggok yang juga memiliki air yang jernih. Dengan segala potensi yang dimilikinya, mulai dari sisi sejarah hingga jernihnya kolam air tawar bisa menarik besar minat para wisatawan untuk datang ke wisata di Klaten. Tertarik untuk mengunjungi umbul ponggok? silakan kau simak terlebih dahulu dalam konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya akan mengulas secara detail perihal wisata umbul ponggok atau wisata di klaten terpopuler. Semoga kiranya dapat memiliki kegunaan dan dijadikan sumber refrensi bagi kau atau para pembaca budiman lainnya, sebelum mengunjungi kolam istimewa ini.

wisata Pulau Banyak, Aceh.

Guna mendukung segala kebutuhan para wisatawan yang datang, pihak pengelola pun terus menawarkan sarana dan fasilitasnya mulai dari kios makanan, kamar bilas dan toilet pun telah disediakan. Sehingga membuat siapapun merasa nyaman kala berkunjung ke umbul ponggok. Selain digunakan untuk sekedar berenang ataupun berfoto ria, kolam ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan untuk para penyelam pemula. Dengan alasan keamanan, maka tempat ini sangat cocok untuk sesi latihan. Pasalnya disini tak ada ombak atauppun arus kuat, suasana bawah kolam pun hampir ibarat lautan. Tak khayal membuat tempat ini kian diminati oleh banyak sekali kalangan.

akhir ini kian populer di mata traveler lokal Info Wisata : Wisata Umbul Ponggok | Wisata Di Klaten Terpopuler
jangan berisik ada yang lagi solat
akhir ini kian populer di mata traveler lokal Info Wisata : Wisata Umbul Ponggok | Wisata Di Klaten Terpopuler
berkemah di dalam air
akhir ini kian populer di mata traveler lokal Info Wisata : Wisata Umbul Ponggok | Wisata Di Klaten Terpopuler
foto prawedding seru

*Tips bagi kau yang ingin berkunjung ke wisata umbul ponggok,
  1. Jangan lupa membawa kamera underwater.
  2. Bila ingin menerima hasil foto terbaik, kau bisa datang pada pukul 07.00-09.00 pagi atau pukul 14.00-16.00 sore hari. Karena untuk pagi hari air kolam akan lebih jernih dan bila sore hari cahaya matahari tidak berada sempurna diatas sehingga alhasil warna foto lebih lembut.
  3. Bagi kau yang ingin melaksanakan foto prawedding, pihak pengelola menyediakan paket dengan kisaran harga sekitar Rp. 1.699.000-Rp. 2.290.000.
  4. Bila kau tak bisa berenang, tak perlu kecil hati. Untuk dapat berfoto disini tidaklah butuh kemampuan berenang, yang dibutuhkan hanya senyum saja semoga alhasil tampak bagus.
Alamat umbul ponggok terletak di Desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Bagi kau yang ingin mengunjunginya, memang terbilang tidak sulit namun cukup membingungkan. Karena lokasi umbul ponggok memang masih minimnya rambu petunjuk jalan dan tembok bab luar umbul onggok pun berwarna warni sehingga dapat mengelabuhi para wisatawan. Akan tetapi, untuk memudahkan kau dapat mengikuti beberapa rute dibawah ini.
  • Dari arah Solo dan sekitarnya. Bila kau berdomisili di Solo, Wonogiri, Magetan, Sukoharjo, Karanganyar atau Ngawi. Kamu dapat mengikuti rute jalan raya Solo-Yogyakarta. Pada ketika kau sudah melewati Delanggau berhentilah sebentar bila kau menemukan terminal Punggung Klaten yang berada di sisi kiri jalan. Terminal tersebut terletak sempurna pada persimpangan jalan untuk menuju Desa Ponggok. Pada persimpangan tersebut ambil arah kanan dan lurus saja hingga Markas Koramil yang berada di sisi kiri jalan erat pertigaan. Pada pertigaan tersebut, kau arahkan kendaran belok ke kanan dan lurus saja hingga hingga di umbul pongkok.
  • Dari arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo dan Kebumen. Jika kau berasal dari daerah-daerah tersebut, kau dapat mengikuti rute jalan raya Yogyakarta-Solo. Bila sudah sempurna dipersimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, lurus saja hingga bertemu dengan GOR Gelarsena Klaten. Setibanya di GOR tersebut, arahkan kendaraan ke arah kiri menuju Jatinom dan Polanharjo. Jalan terus hingga bertemu dengan Markas Koramil yang berada di sisi kiri jalan dan ikuti jalan hingga hingga di umbul pongkok.
  • Dari arah Boyolali, Salatiga dan Semarang. Bagi kau yang berasal dari kawasan tersebut, kau dapat menggunakan rute Jatinom untuk menuju Klaten. Setelah kau tiba di pasar Jatinom, kau dapat ambil ke arah terminal Punggung Klaten. Sebelum terminal, maka akan terlihat Markas Koramil di sisi kanan jalan dan erat pertigaan. Di pertigaan tersebut, ambil arah kanan dan lurus saja hingga hingga di umbul pongkok.
Dengan hadirnya wisata ponggok menambah daftar tempat wisata Klaten yang patut untuk dikunjungi. Demikian pula halnya dengan daftar tempat wisata Indonesia pun, bertambah koleksinya. Tentulah kian membuat besar hati rasanya menjadi salah satu bab negara ini. Namun patut ditekankan ialah diperlukan tugas serta seluruh masyarakat, pemerintah dan para investor untuk tetap mendukung pariwisata Indonesia. Mungkin sedikit tugas kecil kita sebagai masayarak, hanya cukup untuk merawat dan melestarikan apa yang sudah ada. Hal tersebut di rasa cukup bijak bagi kemajuan bangsa ini. Melihat semua keindahan yang tersaji di alam bumi pertiwi, sejogjanya dapat bersyukur atas segala nikmat dan kharunia yang telah di berikan Sang Khalik. Keterbatasan pengetahuan dan wawasan, seringkali menjadi penghalang yang besar guna dapat mengerti maksud dan tujuan Tuhan. Persepsi dan sudut pandang yang salah merupakan hal yang berbahaya dan jikalau tak segera disadari lalu di telaah secara benar. Pastinya sudah dapat diprediksi akan berakhir dengan ketidakpuasan, kemudian berubah secara disadari atau tidak seakan menantang kuasa Tuhan.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata umbul ponggok atau wisata di Klaten terpopuler. Semoga kiranya isu yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kau atau para pembaca yang budiman lainnya.